"Manusia adalah sejarah dan sejarah adalah manusia , manusia lahir dengan membawa sejarah dan sejarah lahir dengan membawa manusia "

Minggu, 19 Februari 2012

Alasan Belanda Menolak Penjualan Leopard Ke Indonesia Tidak Relevan

Beberapa waktu ini isu mengenai pembelian Main Battle Tank Leopard muncul ke permukaan , TNI memutuskan untuk membeli MBT Leopard bekas dari Belanda . Akan tetapi Belanda menolak menjual MBT ke Indonesia karena khawatir akan digunakan untuk menindas warganya sendiri atau dengan kata lain melakukan tindakan pelanggaran kemanusiaan , jelas alasan ini tidak masuk akal dan terkesan diada - ada .

Jika Belanda menjunjung tinggi kemanusiaan , maka sudah sepantasnya Belanda dari dulu mengakui kesalahan Raymond Westerling yang membantai ribuan rakyat jelata di Indonesia . Alasan Belanda ini menunjukkan kemunafikan Belanda , lupakah Belanda akan apa yang mereka perbuat kepada rakyat Indonesia selama ratusan tahun ? . Belanda seharusnya malu pada diri mereka sendiri , mereka bisa semaju ini karena penderitaan rakyat Indonesia yang bahkan mereka jadikan budak .

Jika memang Belanda tidak berniat menjual MBT mereka ke Indonesia , Belanda seharusnya mengutarakannya dengan alasan yang masuk akal . Tidak dengan memberikan alasan yang mencoreng muka dan martabat bangsa Indonesia , Belanda secara jelas sudah melakukan upaya diplomasi yang salah . Dimana seharusnya setiap negara menghormati martabat negara lain . Sekarang pertanyaan terbesar bagi Belanda adalah , salah apakah bangsa ini kepada Belanda ? Sampai - sampai Belanda memberikan suatu pernyataan yang merendahkan bangsa ini .

Meskipun bangsa ini sedang terpuruk karena perilaku wakil - wakil nya yang berkuasa , tapi tetap saja bangsa ini masih punya martabat dan nama baik yang harus dijaga . Karena kita meraih semua ini dengan penuh perjuangan , melalui perjuangan para pendahulu kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar