"Manusia adalah sejarah dan sejarah adalah manusia , manusia lahir dengan membawa sejarah dan sejarah lahir dengan membawa manusia "

Jumat, 24 Februari 2012

Ksatria Templar , Kebangkitan Dan Kehancuran

Ksatria Templar adalah suatu orde militer khusus yang dibentuk untuk melindungi peziarah Kristen dari ancaman serangan tentara Muslim , akan tetapi tujuan awalnya kemudian bergeser menjadi memerangi tentara Muslim dan melindungi Kerajaan Yerusalem . Ordo Bait Allah atau Ksatria Templar didirikan pada tahun 1119 , setelah Perang Salib Pertama dikobarkan pada tahun 1096 oleh Paus Urban II . Ordo ini merekrut banyak orang - orang Kristen untuk dijadikan tentara , ordo ini juga mempunyai banyak istana , benteng , dan bangunan - bangunan lainnya . Pemimpin nya disebut Grand Master .


Sepanjang sejarah berdirinya , orde ini selalu identik dengan peperangan . Sesuai dengan fungsi nya sebagai orde militer , maka tidaklah mengherankan kalau orde ini selalu ikut dalam perang - perang yang melibatkan pihak Kristen dan Muslim sebagai musuh bebuyutan mereka . Selain Templar , sebenarnya ada orde - orde militer lain seperti Orde Ksatria Hospitaller , Orde Ksatria Teutons , Orde Santiago , dll . Ksatria Templar pernah berperang dalam Pengepungan Acre I dan II , Pengepungan Ascalon , Perang Tanduk Hattin , Perang Grenada , Perang Asruf , Perang Montgisard

Ordo ini membangun perbentengan mereka di Inggris , Perancis , Jerman , Yerusalem , Siprus , Malta , dll , dengan maksud untuk memperluas pengaruh mereka dan melindungi pengaruh Kristen . Ordo ini juga terkenal karena keganasannya dalam perang salib , dimana ordo ini ikut dalam pendobrakan Konstantinopel dan pembantaian orang Yahudi dan Muslim karena kefanatikkan mereka terhadap Kristen dan hasutan - hasutan / panggilan perang dari para pengkhotbah .

Di dalam struktur Ordo ini , terdapat 4 divisi . Divisi pertama adalah Ksatria yang dilengkapi oleh kavaleri dan infanteri berat , yang kedua adalah Sersan yang dilengkapi oleh kavaleri dan infanteri ringan , yang ketiga adalah petani yang mengurus harta ordo , yang keempat adalah pendeta tentara yang bertugas mengurus kerohanian tentara .

Ordo ini mulai menghadapi kehancuran nya setelah berkonfrontasi dengan Raja Filipus VI , King Of France . Raja Filipus VI berusaha untuk mengucilkan Ordo Templar dengan membujuk Paus Bonifasius VII , akan tetapi usaha nya gagal . Ordo Templar masih bertahan dengan dilindungi oleh dua paus yaitu Paus Bonifasius VII dan Paus Benediktus XI , akan tetapi setelah Paus Klemens V diangkat , Ordo Templar dihancurkan dengan sadis .

Setelah pengangkatan Paus Klemens V , Raja Filipus VI mengajukan tuntutan bidaah terhadap Ordo Templar . Tuntutan ini dikabulkan dan dimulailah penghancuran dan penyiksaan terhadap pengikut Ordo Templar . Hingga akhirnya Grand Master terakhir Templar Jacques De Molay dihukum bakar , sebelum kematiannya ia sempat mengucapkan kutukan terhadap Paus Klemens V dan Raja Filipus VI yang terbukti . Kutukannya itu mengatakan bahwa Paus Klemens V dan Raja Filipus VI akan menghadapi peradilan kekal dalam tempo kurang dari satu tahun , kutukannya itu terbukti dengan meninggalnya Paus Klemens V sebulan kemudian dan Raja Filipus VI tujuh bulan kemudian .

Di dunia modern , Ordo Templar sering disamakan dengan Freemasonry .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar